Jumat, 23 Januari 2015

CARA MEMBUAT TANDA TANGAN YANG MENARIK

TANDA TANGAN
Tanda tangan (Inggris: signature berasal dari Latin: signare yang berarti "tanda") atau Paraf adalah tulisan tangan, kadang-kadang diberi gaya tulisan tertentu dari nama seseorang atau tanda identifikasi lainnya yang ditulis pada dokumen sebagai sebuah bukti dari identitas dan kemauan. Tanda tangan berlaku sebagai segel.

Langkah-langkah membuat tanda tangan yang menarik:


1.) Ambil selembar kertas dan mulailah menorehkan tanda tangan yang selama ini Anda gunakan. Bagi para pemula, gunakanlah pensil untuk mendapatkan hasil yang lebih baik. Pikirkanlah sejenak: tanda tangan seperti apa yang Anda inginkan? Apakah tanda tangan tersebut untuk kebutuhan pekerjaan? Apakah Anda memiliki jenis-jenis huruf yang menarik (mengandung bentuk melingkar, garis bersilangan, titik, dan sebagainya) atau hanya huruf-huruf biasa (terutama jenis yang terlihat mirip/serupa antara huruf besar dan huruf kecil)? Buatlah catatan kecil untuk menandai setiap bagian yang potensial untuk dijadikan pusat perhatian.


2.) Tulis ulang tanda tangan Anda dan bereksperimenlah dengan variasi dari berbagai gaya dan hiasan. Perhatikan, apakah tanda tangan itu sudah sesuai untuk nama Anda; terasa nyaman atau fleksibel di tangan saat Anda menorehkannya; serta tidak menyulitkan jika Anda harus mengulanginya berkali-kali. Sebagai contoh:

>Gunakan salah satu huruf untuk menggarisbawahi tanda tangan. Meskipun selama ini yang umum digunakan adalah huruf terakhir, Anda tidak perlu ragu untuk memilih huruf mana pun yang Anda anggap paling cocok. Gunakan variasi huruf tersebut sebagai garis bawah yang menghiasi tanda tangan.

>Garis bawahi tanda tangan Anda dengan garis melingkar. Bentuk garis melingkar terlihat mengalir, dan bisa menjadi cara untuk menghiasi sebuah tanda tangan.

>Gunakan huruf besar untuk melingkupi huruf kecil. Hal ini merupakan cara efektif untuk menghiasi nama yang tidak memiliki huruf kecil berunsur lengkung yang dapat diolah, seperti huruf g, j, dll..

>Gunakan perulangan beberapa unsur. Tiga bentuk oval yang besar, misalnya, akan mampu menciptakan efek yang membantu menyatukan keseluruhan desain tanda tangan.
Perbesarlah salah satu hurufnya. Cara ini dapat membuat tanda tangan Anda terkesan rinci tanpa membuat Anda harus berlama-lama menorehkannya.


>Gunakan garis zig-zag untuk menggarisbawahi tanda tangan Anda. Hal tersebut merupakan salah satu cara klasik untuk membuat sebuah tanda tangan sederhana terlihat lebih menarik.
Tambahkan berbagai simbol pada tanda tangan Anda. Jika Anda berniat melakukannya maka untuk menghemat waktu sebaiknya awali dengan membuat tanda tangan sederhana dan juga hindari model yang berlebihan.


>Lingkupi tanda tangan dengan garis melingkar. Kreasi ini menciptakan sebuah tanda tangan yang terkesan sangat agung dan resmi.
Perbesar bagian dasar huruf-huruf yang Anda gunakan. Ini adalah cara paling sederhana dan juga paling populer untuk membuat tanda tangan terkesan rapi.


>Gunakan jenis huruf “kuno/antik”. Gandakan goresan garis horizontal, akhiri huruf-huruf berunsur lengkung dalam bentuk kait dan hiasan, dan gunakan pena bertinta jika memungkinkan.


3.) Pelajarilah tanda tangan orang-orang tenar untuk menggali inspirasi. Walt Disney, Ratu Elizabeth I, Salvador Dali, Mae West, dan John Hancock tercatat sebagai orang-orang terkenal yang memiliki tanda tangan bergaya unik. Tidak perlu ragu untuk meminjam unsur-unsur pada tanda tangan mereka untuk ditambahkan pada tanda tangan Anda.


4.) Jangan lupa untuk membuat tanda tangan Anda berkarakter. Walaupun meminjam gaya orang lain, pastikan untuk sebaik mungkin mengekspresikan kepribadian Anda dalam tanda tangan tersebut.

5.) Bereksperimenlah menggunakan pena bermata pahat (pena kaligrafi/nib). Torehan pena kaligrafi berpotensi menambah ketertarikan pengamat bahkan pada tanda tangan yang sederhana sekalipun.

6.) Berpikirlah dua kali sebelum membuat tanda tangan yang terkesan berantakan. Meskipun akan menyenangkan jika melonggarkan batasan-batasan terhadap gaya tanda tangan Anda, tapi pertimbangkan praktis tidaknya bagi Anda memiliki tanda tangan yang tidak terbaca.

7.) Praktikkan semua gaya tanda tangan yang Anda kagumi. Selain tambahan hiasan sederhana, cobalah menggunakan variasi ukuran, berbagai kombinasi dan juga arah kemiringan berbeda.

8.) Temukanlah unsur-unsur spesifik yang Anda sukai. Pertimbangkan, apakah unsur-unsur tersebut terlihat menarik atau tidak, dan apakah sesuai dengan kepribadian Anda.

9.) Padu padankan unsur-unsur yang Anda sukai ke dalam sebuah tanda tangan.

10.) Latihlah tanda tangan baru Anda berulang-ulang hingga Anda bisa menorehkannya dengan luwes. Ingatlah bahwa setiap kali Anda bisa saja mengubah tanda tangan tersebut.
PERINGATANBerhati-hatilah dengan keseringan Anda mengganti tanda tangan. Bagaimanapun hal itu akan berakibat pada kebingungan Anda jika ternyata tanda tangan tersebut tidak sesuai dengan yang ada pada kartu identitas Anda, seperti KTP, SIM, dan juga tanda tangan untuk urusan perbankan atau sekadar untuk kartu perpustakaan.

> Pertahankan agar tanda tangan resmi Anda tampil relatif sederhana. Mengkreasi ulang tanda tangan yang rumit akan merepotkan. Misalnya Anda memakai kartu kredit untuk berbelanja dan setiap kali berbelanja Anda harus menghabiskan waktu terlalu lama hanya untuk membubuhkan tanda tangan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar